Translate

Selasa, 26 Juli 2016

Kekuatan Bisnis Penerbangan Dunia Beralih ke Timur Tengah





Meruginya maskapai penerbangan eropa dan pesatnya pertumbuhan di kawasan Asia Pasifik membawa keuntungan bagi tiga maskapai besar ditimur tengah yaitu Emirates,Qatar Airways dan Etihad Airways.Sebelum lahirnya ketiga airlines besar yang menjadi kekuatan baru di dunia penerbangan saat ini ,timur tengah mempunyai Saudi  Arabian airlines,Kuwait Airways dan Gulf Air akan tetapi kiprah dan gregetnya kurang berpengaruh dan sepertinya berjalan ditempat saja di percaturan dunia penerbangan Internasional .Didirikan tahun 25 maret 1985 atau 31 tahun yang lalu Emirates menjelma menjadi airlines besar dengan 251 armada pesawat berbadan lebar melayani 136 tujuan ke 5 benua. Qatar Airways yang dibentuk 22 november 1993 dengan modal 2 pesawat Airbus A310s kini menjelma menjadi airlines besar dunia.Perusahan penerbangan yang kini dikomandani oleh  Akbar al Baker mempunyai 151 tujuan  dengan armada pesawat berjumlah 185 .

Etihad Airways merupakan airlirlnes  termuda dari ketiga airlines besar di timur tengah.Didirikan tahun 2003 Etihad kini memiliki 122 armada pesawat dengan  120 destinasi ke 90 negara tujuan.

Dengan kekuatan finansialnya ketiga airlines timur tengah ini secara agresif menambah jumlah armada dan menambah tujuan baru ke negara negara di lima benua dengan ambisi menjadikan airport di Dubai,Doha dan AbuDhabi menjadi airport transit  ke kota-kota di lima benua dengan membangun fasilitas airport megah dengan fasilitas lengkap menyaingi singapore,hongkong dan airport besar di eropa dan amerika guna membuat timur tengah menjadi kiblat bisnis  penerbangan dunia./dtbn


 

Kamis, 02 Juni 2016

Cathay Pacific Airbus A350-900 New Fleet


Cathay Pacific Airways has become the sixth airline to operate the world’s latest and most efficient twin engine widebody airliner. The airline’s first aircraft featuring the carrier’s new livery has arrived at its home base in Chep lap kok international airport Hongkong on 29 may 2016 from Toulouse .Cathay Pacific has configured its A350-900 with a premium three class layout with a total of 280 seats, comprising 38 in Business Class, convertible to fully lie-flat beds, 28 in Premium Economy and 214 in the main cabin.Cathay Pacific has become the third asian airlines operator of the Airbus 350 and plans to operate on regional route to Manila and Taipei to begin crews familiarization of the new aircraft before being operated to long haul flight to London Gatwick on 2nd september followed with Duesseldorf and Auckland .Cathay Pacific  has 48 firm order of Airbus 350 consist of 22 A350-900 variant and 26 A350-1000 variant,and take delivery of 12 A350-900 in 2016 and 10 A350 will deliver in 2017,the first of six A350-1000 expected in 2018,followed 10 in 2019 and 10 in 2020 and will replace the aging and less fuel efficient A340,B747,and B777-200./dtbn


























































































































































































Minggu, 29 Mei 2016

Menyoal salah mendaratnya pesawat Lion Air

Insiden salah mendaratnya pesawat Lion Air JT161 dari singapore membuat geger dunia penerbangan Indonesia.Penumpang Lion yang seharusnya dibawa ke terminal 2 kedatangan Internasional justru dibawa ke terminal 1 kedatangan domestik.Imigrasi dan bea cukai 2 instansi pemerintah yang mengawasi lalu lintas orang dan barang internasional terkena dampak yang paling besar karna 2 instansi tersebut merupakan garda terdepan negara dalam pengawasan lalulintas orang dan barang dari luar negri yang berhubungan dengan keamanan dan keselamatan negara.Departemen perhubungan melalui dirjen perhubungan udara pun langsung bereaksi dengan menjatuhkan sangsi kepada maskapai tersebut.Dari kejadian diatas ,ada dua hal penting yang meneyebabkan kejadian ini terjadi yakni komunikasi dan koordinasi ground staff dalam menangani kedatangan pesawat Lionair.Operation control center atau dalam bahasa indonesianya pusat pengendalian operasi  akan menginformasikan setiap informasi mengenai kedatangan dan keberangkatan pesawat berikut data seperti nomor parking stand ,tujuan atau kedatangan dari domestik or international,dan akan diinformasikan melalui radio komukasi atau handy talkiedengan chanel frekwensi yang sudah ditentukan agar semua unit kerja yang terlibat dapat menkomunikasikan serta mengkoordinasikan  setiap penerbangan yang dihandle baik kedatangan maupun keberangkatan.Dari kejadian diatas dimana komunikasi dan koordinasi dari operation control center kepada para unit kerja yang terkait seperti ramp supervisor,petugas greeting services yang menjemput kedatangan penumpang,operator gse dalam hal ini operator bus yang membawa penumpang ke terminal kedatangan mengalami gagal komukasi dan koordinasi sehingga terjadi salah kirim penumpang yang harusnya dibawa ke kedatangan internasional justu  dibawa ke kedatangan domestik.Alur
komunikasi dan koordinasi yang kurang terjalin baik antar unit kerja yang menangani nya atau alat komunikasinya yang kurang maksimal sebagai penyebabnya hanya Lion Air yang tahu jawabannya./dtbn

 

 

Sabtu, 16 April 2016

Sekilas Tugas dan Tanggung jawab Ground Crew Maskapai Penerbangan

 

Secara umum pandangan kebanyakan orang bahwa maskapai penerbangan hanya terdiri dari pilot dan pramugari saja untuk memberi pelayanan kepada penumpang ,padahal sebelum penumpang masuk pesawat ground crew atau petugas darat maskapai penerbangan terlebih dahulu menyambut penumpang dan memberi pelayanan ,bantuan dan panduan kepada penumpang .Adapun pembagian tugas petugas darat maskapai penerbangan yang secara langsung menangani atau yang dilaksanakan oleh perusahaan ground handling mitra perusahaan penerbangan adalah sebagai berikut :

1.Petugas check in counter adalah orang yang pertama menyambut penumpang dan memberikan pelayanan kepada penumpang dengan meproses dan memeriksa tiket,kartu identitas untuk penerbangan domestik serta passport dan visa untuk penerbangan International,bagasi penumpang,mengkonfirmasikan mengenai makanan khusus selama penerbangan untuk penumpang yang telah memesan sesuai dengan reservasi,serta memberikan pelayanan kepada penumpang yang memerlukan pelayanan khusus seperti penumpang yang memmerlukan kursi roda ,anak kecil yang bepergian sendirian penumpang yang baru melakukan perjalanan keluar negri sendirian dan pertama kali serta tidak paham bahasa asing,dan masih banyak lainnya.semua data penumpang dan bagasi yang tercatat didalam sistem atau manual akan dilaporkan  kepada petugas  pembuat data muatan untuk keamanan dan keseimbangan pesawat ,sementara data penumpang yang memerlukan pelayanan khusus akan dilaporkan dan disampaikan kepada cabin crew atau pramugari untuk pelayanan selama penerbangan.petugas check in juga mengirim telex atau email ke bandara transit atau tujuan  para penumpang yang membutuhkan pelayanan khusus .

2.Petugas greeting services adalalah petugas yang menyambut dan memandu penumpang ketika turun dari pesawat menuju terminal kedatangan ,membawa dan membantu penumpang yang memmerlukan pelayanan khusus untuk keberangkatan maupun kedatangan dan transtit.

3.Petugas boarding gate adalah petugas yang bertanggung jawab memeriksa boarding pass  sebelum penumpang naik ke pesawat dan mencocokannya dengan data dan laporan dari check in counter setelah flight ditutup.

4.Petugas bagasi adalah orang yang  bertanggung jawab merapikan dan menyusun bagasi sampai siap untuk dimuat di pesawat.untuk kedatangan petugas ini yang bertugas  membongkar bagasi untuk disapaikan kepada penupang.

5.Loading master adalah petugas yang bertanggung jawab dalam proses bongkar muat bagasi dan kargo dan memuat di dalam pesawat sesuai loading instruction yang diberikan oleh load control/load sheeter

6.Flight coordinator atau Ramp supervisor adalah petugas yang berkoordinasi dengan pilot
  dan pramugari serta unit lainnya dalam proses naiknya penumpang ke pesawat ,bongkar muat bagasi dan kargo,catering,refuelling,dan cabin cleaning .

7.Load sheeter /Load Control adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab dalam pembuatan data dan keselamatan  pesawat berdasarkan data jumlah penumpang,bagasi,cargo,berat pesawat beserta bahan bakar secara aman

8.Flight Dispatcher/FOO adalah petugas mempersiapkan keberangkatan suatu penerbangan dengan memberangkatkan dan memantau penerbangan sampai tujuan dengan aman. Menganalisa informasi yang relevan dan terupdate rencana penerbangan dan dokumentasi seperti rute yang akan dijalani,ketinggian pesawat selama perjalanan,bandara alternatif ,bahan bakar ,kondisi cuaca dan bandara dan fasilitas navigasi.

9.Petugas Ground support Equipment petugas yang bertugas memberi pelayanan penunjang dalam keberangkatan dan kedatangan pesawat seperti pushback traktor untuk mendorong pesawat,lavatory service dan potable water service,palet container loader untuk bongkar muat bagasi serta taktor untuk tranportasi bagasi dan cargo,dan juga bus untuk tranportasi penumpang apabila pesawat parkir di apron yang tidak dilenkapi garbarata.

10.Ground Engineer adalah petugas yang bertanggung jawab untuk memberangkatkan ,menangguhkan atau membatalakan keberangkatan pesawat  berdasarkan laik atau tidaknya pesawat secara teknis.

11.Reservasi dan tiketing adalah petugas yang bertanggung jawab dalam hal reservasi seperti issuing tiket ,merubah jadwal keberangkatan,mencatat makanan khusus dan pelayanan khusus yang diperlukan penumpang selama di airport dan dalam penerbangan juga di transit area dan di kedatangan.

12.Operation control center/OCC atau pusat pengendalian operasi ,dimana petugas operation control memantau dan mengkoordinasikan dan mengatur antar unit yang terkait dalam menangani operasional penerbangan.

 13. Security bertugas memonitor dan mengawasi proses penanganan operasional penerbangan selama di darat untuk keamanan dan keselamatan./dtbn


















Jumat, 15 April 2016

Qatar Airways Onewold Livery

































Qatar  Airways Boeing B777-300 One World livery @jakarta International Airport CGK/DTBN
 



Senin, 11 April 2016

Airbus A-350 Flies To Jakarta International Airport







Singapore Airlines starting summer schedule 2016 serves Jakarta route with Airbus A-350 twice a day.A-350 commercial service will make short hops from Singapore to Jakarta flight for the purpose of crews familiarisation with the new aircraft before spreading its wing to 13 hours Singapore-Amsterdam flight starting on may 9 and follows Dusseldorf flight from july 21 three A-350 flight a week.
The Airbus  A350 XWB is the world's latest generation airliner and the newest member of Airbus family aircraft's modern ,comfortable and efficient wide body aircraft family.It features  the latest aerodynamic body design ,carbon body fuselage and wings  plus new fuel efficient Roll Royce Trent XWB engine with the latest technologies translate into unrivalled levels of operational efficiency,with 25 percent reduction in fuel burn  and emissions,and significantly  lower maintenance costs.
Airbus has recorded a total of  738  firm order  for A350 XWB from 42 costumers worldwide up to present making one of the most successful wid body aircraft ever ./dtbn
 

Selasa, 29 Maret 2016

"FLY DUBAI" THE MIDDLE EAST MOST RAPID GROWTH LCC

Established in July 2008 by Dubai government,Fly Dubai commenced its flight scheduled on 1st  of June 2009 with service to Beirut in Lebanon and Amman in Jordan using  Boeing B737-800.Operating from Terminal 2 Dubai International Airport and Dubai Al-Maktoum International Airport ,Fly Dubai serves 94 destination to Middle East,Asia,Africa and Europe with 49 fleet consist of Boeing B737-800 aircraft.Economy class full meal service is provided on flight to Prague,Bratislava,Bucharest,Zagreb,Belgrade,Sofia ,Sarajevo and the Eastern African flight to Entebe,Kigale,Dar es Salaam,Zanzibar an Bujumbura.On other flight over 3 hours and shorter passenger can pre-book meal through ticket reservation or on board direct purchasing from the cabin crews through personal touch screen in each seat.Fly Dubai Business service offers wider seat with seat pitch 42 inches,and choice of sack,meals and drink.access  to more than flight entertainment,blanket and pillow, and priority check in and fast track through security check in selected airport.Fly Dubai passengers can transfer their baggage connecting to Emirates and Fly Dubai Flight  when check in./ DtBn