Translate

Sabtu, 16 April 2016

Sekilas Tugas dan Tanggung jawab Ground Crew Maskapai Penerbangan

 

Secara umum pandangan kebanyakan orang bahwa maskapai penerbangan hanya terdiri dari pilot dan pramugari saja untuk memberi pelayanan kepada penumpang ,padahal sebelum penumpang masuk pesawat ground crew atau petugas darat maskapai penerbangan terlebih dahulu menyambut penumpang dan memberi pelayanan ,bantuan dan panduan kepada penumpang .Adapun pembagian tugas petugas darat maskapai penerbangan yang secara langsung menangani atau yang dilaksanakan oleh perusahaan ground handling mitra perusahaan penerbangan adalah sebagai berikut :

1.Petugas check in counter adalah orang yang pertama menyambut penumpang dan memberikan pelayanan kepada penumpang dengan meproses dan memeriksa tiket,kartu identitas untuk penerbangan domestik serta passport dan visa untuk penerbangan International,bagasi penumpang,mengkonfirmasikan mengenai makanan khusus selama penerbangan untuk penumpang yang telah memesan sesuai dengan reservasi,serta memberikan pelayanan kepada penumpang yang memerlukan pelayanan khusus seperti penumpang yang memmerlukan kursi roda ,anak kecil yang bepergian sendirian penumpang yang baru melakukan perjalanan keluar negri sendirian dan pertama kali serta tidak paham bahasa asing,dan masih banyak lainnya.semua data penumpang dan bagasi yang tercatat didalam sistem atau manual akan dilaporkan  kepada petugas  pembuat data muatan untuk keamanan dan keseimbangan pesawat ,sementara data penumpang yang memerlukan pelayanan khusus akan dilaporkan dan disampaikan kepada cabin crew atau pramugari untuk pelayanan selama penerbangan.petugas check in juga mengirim telex atau email ke bandara transit atau tujuan  para penumpang yang membutuhkan pelayanan khusus .

2.Petugas greeting services adalalah petugas yang menyambut dan memandu penumpang ketika turun dari pesawat menuju terminal kedatangan ,membawa dan membantu penumpang yang memmerlukan pelayanan khusus untuk keberangkatan maupun kedatangan dan transtit.

3.Petugas boarding gate adalah petugas yang bertanggung jawab memeriksa boarding pass  sebelum penumpang naik ke pesawat dan mencocokannya dengan data dan laporan dari check in counter setelah flight ditutup.

4.Petugas bagasi adalah orang yang  bertanggung jawab merapikan dan menyusun bagasi sampai siap untuk dimuat di pesawat.untuk kedatangan petugas ini yang bertugas  membongkar bagasi untuk disapaikan kepada penupang.

5.Loading master adalah petugas yang bertanggung jawab dalam proses bongkar muat bagasi dan kargo dan memuat di dalam pesawat sesuai loading instruction yang diberikan oleh load control/load sheeter

6.Flight coordinator atau Ramp supervisor adalah petugas yang berkoordinasi dengan pilot
  dan pramugari serta unit lainnya dalam proses naiknya penumpang ke pesawat ,bongkar muat bagasi dan kargo,catering,refuelling,dan cabin cleaning .

7.Load sheeter /Load Control adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab dalam pembuatan data dan keselamatan  pesawat berdasarkan data jumlah penumpang,bagasi,cargo,berat pesawat beserta bahan bakar secara aman

8.Flight Dispatcher/FOO adalah petugas mempersiapkan keberangkatan suatu penerbangan dengan memberangkatkan dan memantau penerbangan sampai tujuan dengan aman. Menganalisa informasi yang relevan dan terupdate rencana penerbangan dan dokumentasi seperti rute yang akan dijalani,ketinggian pesawat selama perjalanan,bandara alternatif ,bahan bakar ,kondisi cuaca dan bandara dan fasilitas navigasi.

9.Petugas Ground support Equipment petugas yang bertugas memberi pelayanan penunjang dalam keberangkatan dan kedatangan pesawat seperti pushback traktor untuk mendorong pesawat,lavatory service dan potable water service,palet container loader untuk bongkar muat bagasi serta taktor untuk tranportasi bagasi dan cargo,dan juga bus untuk tranportasi penumpang apabila pesawat parkir di apron yang tidak dilenkapi garbarata.

10.Ground Engineer adalah petugas yang bertanggung jawab untuk memberangkatkan ,menangguhkan atau membatalakan keberangkatan pesawat  berdasarkan laik atau tidaknya pesawat secara teknis.

11.Reservasi dan tiketing adalah petugas yang bertanggung jawab dalam hal reservasi seperti issuing tiket ,merubah jadwal keberangkatan,mencatat makanan khusus dan pelayanan khusus yang diperlukan penumpang selama di airport dan dalam penerbangan juga di transit area dan di kedatangan.

12.Operation control center/OCC atau pusat pengendalian operasi ,dimana petugas operation control memantau dan mengkoordinasikan dan mengatur antar unit yang terkait dalam menangani operasional penerbangan.

 13. Security bertugas memonitor dan mengawasi proses penanganan operasional penerbangan selama di darat untuk keamanan dan keselamatan./dtbn


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar