Translate
Kamis, 02 Juni 2016
Cathay Pacific Airbus A350-900 New Fleet
Minggu, 29 Mei 2016
Menyoal salah mendaratnya pesawat Lion Air
Insiden salah mendaratnya pesawat Lion Air JT161 dari singapore membuat geger dunia penerbangan Indonesia.Penumpang Lion yang seharusnya dibawa ke terminal 2 kedatangan Internasional justru dibawa ke terminal 1 kedatangan domestik.Imigrasi dan bea cukai 2 instansi pemerintah yang mengawasi lalu lintas orang dan barang internasional terkena dampak yang paling besar karna 2 instansi tersebut merupakan garda terdepan negara dalam pengawasan lalulintas orang dan barang dari luar negri yang berhubungan dengan keamanan dan keselamatan negara.Departemen perhubungan melalui dirjen perhubungan udara pun langsung bereaksi dengan menjatuhkan sangsi kepada maskapai tersebut.Dari kejadian diatas ,ada dua hal penting yang meneyebabkan kejadian ini terjadi yakni komunikasi dan koordinasi ground staff dalam menangani kedatangan pesawat Lionair.Operation control center atau dalam bahasa indonesianya pusat pengendalian operasi akan menginformasikan setiap informasi mengenai kedatangan dan keberangkatan pesawat berikut data seperti nomor parking stand ,tujuan atau kedatangan dari domestik or international,dan akan diinformasikan melalui radio komukasi atau handy talkiedengan chanel frekwensi yang sudah ditentukan agar semua unit kerja yang terlibat dapat menkomunikasikan serta mengkoordinasikan setiap penerbangan yang dihandle baik kedatangan maupun keberangkatan.Dari kejadian diatas dimana komunikasi dan koordinasi dari operation control center kepada para unit kerja yang terkait seperti ramp supervisor,petugas greeting services yang menjemput kedatangan penumpang,operator gse dalam hal ini operator bus yang membawa penumpang ke terminal kedatangan mengalami gagal komukasi dan koordinasi sehingga terjadi salah kirim penumpang yang harusnya dibawa ke kedatangan internasional justu dibawa ke kedatangan domestik.Alur
komunikasi dan koordinasi yang kurang terjalin baik antar unit kerja yang menangani nya atau alat komunikasinya yang kurang maksimal sebagai penyebabnya hanya Lion Air yang tahu jawabannya./dtbn
komunikasi dan koordinasi yang kurang terjalin baik antar unit kerja yang menangani nya atau alat komunikasinya yang kurang maksimal sebagai penyebabnya hanya Lion Air yang tahu jawabannya./dtbn
Sabtu, 16 April 2016
Sekilas Tugas dan Tanggung jawab Ground Crew Maskapai Penerbangan
1.Petugas check in counter adalah orang yang pertama menyambut penumpang dan memberikan pelayanan kepada penumpang dengan meproses dan memeriksa tiket,kartu identitas untuk penerbangan domestik serta passport dan visa untuk penerbangan International,bagasi penumpang,mengkonfirmasikan mengenai makanan khusus selama penerbangan untuk penumpang yang telah memesan sesuai dengan reservasi,serta memberikan pelayanan kepada penumpang yang memerlukan pelayanan khusus seperti penumpang yang memmerlukan kursi roda ,anak kecil yang bepergian sendirian penumpang yang baru melakukan perjalanan keluar negri sendirian dan pertama kali serta tidak paham bahasa asing,dan masih banyak lainnya.semua data penumpang dan bagasi yang tercatat didalam sistem atau manual akan dilaporkan kepada petugas pembuat data muatan untuk keamanan dan keseimbangan pesawat ,sementara data penumpang yang memerlukan pelayanan khusus akan dilaporkan dan disampaikan kepada cabin crew atau pramugari untuk pelayanan selama penerbangan.petugas check in juga mengirim telex atau email ke bandara transit atau tujuan para penumpang yang membutuhkan pelayanan khusus .
2.Petugas greeting services adalalah petugas yang menyambut dan memandu penumpang ketika turun dari pesawat menuju terminal kedatangan ,membawa dan membantu penumpang yang memmerlukan pelayanan khusus untuk keberangkatan maupun kedatangan dan transtit.
3.Petugas boarding gate adalah petugas yang bertanggung jawab memeriksa boarding pass sebelum penumpang naik ke pesawat dan mencocokannya dengan data dan laporan dari check in counter setelah flight ditutup.
4.Petugas bagasi adalah orang yang bertanggung jawab merapikan dan menyusun bagasi sampai siap untuk dimuat di pesawat.untuk kedatangan petugas ini yang bertugas membongkar bagasi untuk disapaikan kepada penupang.
5.Loading master adalah petugas yang bertanggung jawab dalam proses bongkar muat bagasi dan kargo dan memuat di dalam pesawat sesuai loading instruction yang diberikan oleh load control/load sheeter
6.Flight coordinator atau Ramp supervisor adalah petugas yang berkoordinasi dengan pilot
dan pramugari serta unit lainnya dalam proses naiknya penumpang ke pesawat ,bongkar muat bagasi dan kargo,catering,refuelling,dan cabin cleaning .
7.Load sheeter /Load Control adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab dalam pembuatan data dan keselamatan pesawat berdasarkan data jumlah penumpang,bagasi,cargo,berat pesawat beserta bahan bakar secara aman
8.Flight Dispatcher/FOO adalah petugas mempersiapkan keberangkatan suatu penerbangan dengan memberangkatkan dan memantau penerbangan sampai tujuan dengan aman. Menganalisa informasi yang relevan dan terupdate rencana penerbangan dan dokumentasi seperti rute yang akan dijalani,ketinggian pesawat selama perjalanan,bandara alternatif ,bahan bakar ,kondisi cuaca dan bandara dan fasilitas navigasi.
9.Petugas Ground support Equipment petugas yang bertugas memberi pelayanan penunjang dalam keberangkatan dan kedatangan pesawat seperti pushback traktor untuk mendorong pesawat,lavatory service dan potable water service,palet container loader untuk bongkar muat bagasi serta taktor untuk tranportasi bagasi dan cargo,dan juga bus untuk tranportasi penumpang apabila pesawat parkir di apron yang tidak dilenkapi garbarata.
10.Ground Engineer adalah petugas yang bertanggung jawab untuk memberangkatkan ,menangguhkan atau membatalakan keberangkatan pesawat berdasarkan laik atau tidaknya pesawat secara teknis.
11.Reservasi dan tiketing adalah petugas yang bertanggung jawab dalam hal reservasi seperti issuing tiket ,merubah jadwal keberangkatan,mencatat makanan khusus dan pelayanan khusus yang diperlukan penumpang selama di airport dan dalam penerbangan juga di transit area dan di kedatangan.
12.Operation control center/OCC atau pusat pengendalian operasi ,dimana petugas operation control memantau dan mengkoordinasikan dan mengatur antar unit yang terkait dalam menangani operasional penerbangan.
13. Security bertugas memonitor dan mengawasi proses penanganan operasional penerbangan selama di darat untuk keamanan dan keselamatan./dtbn
Jumat, 15 April 2016
Senin, 11 April 2016
Airbus A-350 Flies To Jakarta International Airport
Singapore Airlines starting summer schedule 2016 serves Jakarta route with Airbus A-350 twice a day.A-350 commercial service will make short hops from Singapore to Jakarta flight for the purpose of crews familiarisation with the new aircraft before spreading its wing to 13 hours Singapore-Amsterdam flight starting on may 9 and follows Dusseldorf flight from july 21 three A-350 flight a week.
The Airbus A350 XWB is the world's latest generation airliner and the newest member of Airbus family aircraft's modern ,comfortable and efficient wide body aircraft family.It features the latest aerodynamic body design ,carbon body fuselage and wings plus new fuel efficient Roll Royce Trent XWB engine with the latest technologies translate into unrivalled levels of operational efficiency,with 25 percent reduction in fuel burn and emissions,and significantly lower maintenance costs.
Airbus has recorded a total of 738 firm order for A350 XWB from 42 costumers worldwide up to present making one of the most successful wid body aircraft ever ./dtbn
Selasa, 29 Maret 2016
"FLY DUBAI" THE MIDDLE EAST MOST RAPID GROWTH LCC
Established in July 2008 by Dubai government,Fly Dubai commenced its flight scheduled on 1st of June 2009 with service to Beirut in Lebanon and Amman in Jordan using Boeing B737-800.Operating from Terminal 2 Dubai International Airport and Dubai Al-Maktoum International Airport ,Fly Dubai serves 94 destination to Middle East,Asia,Africa and Europe with 49 fleet consist of Boeing B737-800 aircraft.Economy class full meal service is provided on flight to Prague,Bratislava,Bucharest,Zagreb,Belgrade,Sofia ,Sarajevo and the Eastern African flight to Entebe,Kigale,Dar es Salaam,Zanzibar an Bujumbura.On other flight over 3 hours and shorter passenger can pre-book meal through ticket reservation or on board direct purchasing from the cabin crews through personal touch screen in each seat.Fly Dubai Business service offers wider seat with seat pitch 42 inches,and choice of sack,meals and drink.access to more than flight entertainment,blanket and pillow, and priority check in and fast track through security check in selected airport.Fly Dubai passengers can transfer their baggage connecting to Emirates and Fly Dubai Flight when check in./ DtBn
Rabu, 02 Maret 2016
Langganan:
Postingan (Atom)